RouterBOARD dan lisensi PC
Perangkat RouterBOARD datang preinstalled dengan lisensi
RouterOS, jika Anda telah membel perangkat RouterBOARD, tidak harus dilakukan
mengenai lisensi. Untuk sistem X86 (mis. Perangkat PC), Anda perlu untuk
mendapatkan kunci lisensi. Kunci lisensi adalah sebuah blok simbol yang perlu disalin
dari akun mikrotik.com Anda, atau dari email yang Anda terima dalam, dan
kemudian dapat disisipkan ke router. Anda dapat menyisipkan kunci di mana saja
di terminal, atau dengan mengklik "kunci Tempel" di menu Lisensi
Winbox. A reboot diperlukan untuk kunci untuk berlaku.
Skema lisensi RouterOS berdasarkan jumlah SoftwareID yang
terikat ke media penyimpanan (HDD, NAND).
Informasi lisensi dapat dibaca dari CLI sistem konsol:
[admin@RB1100] > /system license print
software-id:
"43NU-NLT9"
nlevel: 6
features:
[admin@RB1100] >
atau dari winbox, menu webfig
lisensi CHR
Cloud Hosted Router (CHR) lisensi untuk mesin virtual tidak
menggunakan Levels, silakan lihat manual CHR untuk informasi lebih lanjut
Tingkat lisensi
Setelah RouterOS instalasi berjalan dalam mode percobaan.
Anda memiliki 24 jam untuk mendaftar untuk Level1 atau membeli Tingkat 3,4,5
atau 6 dan memasukkan kunci yang valid.
Level 3 adalah stasiun nirkabel (klien atau CPE) hanya
lisensi. Untuk x86 PC, Level3 tidak tersedia untuk pembelian secara individual.
Untuk memesan lebih dari 100 lisensi L3, penjualan kontak [at] mikrotik.com
Level 2 adalah lisensi transisi dari warisan lama (pre 2,8)
Format lisensi. Lisensi ini tidak tersedia lagi, jika Anda memiliki jenis
lisensi, itu akan bekerja, tapi untuk meng-upgrade - Anda harus membeli lisensi
baru.
Perbedaan antara tingkat lisensi ditunjukkan pada tabel di
bawah ini.
(*) - BGP termasuk dalam Lisensi Level3 hanya untuk
RouterBOARDs, untuk perangkat lain yang Anda butuhkan Level 4 atau di atas
memiliki BGP.
Semua Lisensi:
·
tidak pernah berakhir
·
termasuk 15-30 hari dukungan gratis melalui
e-mail
·
dapat menggunakan jumlah yang tidak terbatas
interface
·
adalah untuk satu instalasi masing-masing
·
menawarkan upgrade software unlimited
Upgrading from
RouterOS v3 (2009)
Sejak RouterOS 3.25 dan 4.0beta3 Format SoftID baru
diperkenalkan. Menu lisensi Anda akan menunjukkan baik yang lama dan baru
SoftID. Bahkan dengan upgrade ke versi baru, RouterOS akan tetap bekerja
seperti sebelumnya, tetapi menggunakan beberapa fitur baru, LISENSI UPDATE akan
diperlukan. Untuk melakukan ini, klik pada "Update kunci lisensi"
tombol di Winbox (saat ini hanya di Winbox).
SoftID baru dalam bentuk XXXX-XXXX (Empat simbol, dasbor,
empat simbol).
Tindakan berikut akan diambil:
1.
Winbox akan menghubungi www.mikrotik.com dengan
SoftID lama Anda
2.
www.mikrotik.com akan memeriksa database dan
melihat rincian tentang kunci Anda
3.
server akan menghasilkan kunci baru sebagai
"Upgrade" dan memasukkannya ke dalam akun yang sama dengan yang lama
4.
Winbox akan menerima kunci baru dan secara
otomatis Lisensi router Anda dengan kunci baru
5.
Reboot akan diperlukan
6.
RouterOS baru fitur akan dibuka
Catatan Penting !: Jika Anda melihat tombol ini juga v3.24,
tidak menggunakannya, itu tidak akan berhasil.
Jika Anda pernah ingin downgrade RouterOS, Anda akan harus
menerapkan kunci OLD sebelum melakukannya. Ketika RouterOS berlaku kunci BARU,
kunci OLD disimpan ke sebuah file, dalam folder FILES, untuk memastikan Anda
memiliki tua kunci berguna.
Catatan: Kami dapat mengeluarkan satu kunci pengganti per
satu kunci asli, menggunakan prosedur kunci pengganti dua kali untuk satu kunci
tidak akan mungkin. Dalam kasus-kasus seperti kunci baru ini untuk perangkat
RouterOS ini harus dibeli.
Harus saya ketik
seluruh kunci ke router?
Tidak, copy dan paste ke jendela Telnet, atau menu Lisensi
di Winbox. Lisensi copy ke Telnet Window (atau Winbox New Terminal),
Pilihan lain untuk menggunakan Winbox Lisensi Jendela, klik
pada Sistem ---> Lisensi,
Dapatkah saya
menginstal OS lain pada drive dan kemudian menginstal RouterOS lagi nanti?
Tidak, karena jika Anda menggunakan format atau partisi
utilitas, atau alat-alat yang melakukan sesuatu untuk MBR, Anda akan kehilangan
lisensi dan Anda akan harus membuat yang baru. Proses ini tidak gratis (lihat
Penggantian Key di atas)
Saya kehilangan
RouterBOARD saya, Anda dapat memberikan lisensi untuk digunakan pada sistem
lain?
The RouterBOARD dilengkapi lisensi tertanam. Anda tidak bisa
bergerak lisensi ini ke sistem baru dengan cara apapun, ini termasuk upgrade
diterapkan pada RouterBOARD sementara itu masih bekerja.
Lisensi Dibeli dari
Reseller
Kunci yang Anda beli dari vendor lain dan reseller, tidak
dalam account Anda. Akun mikrotik.com Anda hanya berisi lisensi yang dibeli
dari MikroTik langsung. Namun, Anda dapat menggunakan link "kunci
Request" di akun Anda, untuk mendapatkan kunci ke account Anda untuk
referensi, atau untuk beberapa upgrade (jika tersedia).
Mendapatkan Lisensi dan bekerja dengan mereka
Dimana saya dapat
membeli kunci lisensi RouterOS?
Dalam Server Rekening, yang terletak di www.mikrotik.com
Jika saya telah
membeli kunci saya di tempat lain
Anda harus menghubungi perusahaan yang menjual lisensi,
mereka akan memberikan dukungan
Jika saya memiliki
lisensi dan ingin meletakkannya di akun lain?
Anda dapat memberikan akses ke kunci dengan bantuan Folder Virtual
Tidak ada komentar:
Posting Komentar